Minggu, 13 September 2015

Proses Pengolahan Makanan

hellllooooww,
kali ini saya mau ngasih tau apa aja sih yang dipelajari di PTP itu? 2 minggu lalu saya diajarkan oleh dosen tentang proses-proses dalam mengolah makanan, apa aja? tapi sebelum itu mungkin ada yg belom tau PTP? jawabannya udah saya post kok kemaren.tapi males buka blog kemaren? okeeh saya akan jelasin secara singkat.

PTP adalah singkatan dari Pengantar Teknologi Pangan jadi itu adalah mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa fakultas teknik pangan. Disana kita bakal diajarkan bagaimana cara mengolah makanan melalui proses-proses tertentu, selain itu kita juga dituntut membuat semacam inovasi baru baik dalam pengolahan, cita rasa, variasi warna dan bentuk pokoknya yang bisa membuat makanan yang tadinya bukan apa-apa menjadi apa-apa. Itu ajah sih.

Kita lanjut ke topik tadi, disini saya akan ngasih tau ke kalian bagaimana proses-proses pengolahan makanan/minuman olahan pabrik:

Pengeringan
suatu metode pengawetan dengan cara meminimalisir air supaya tidak ada bakteri yang tumbuh dalam makanan yang membuat cepat busuk, proses ini tidak merubah rasa


Pendinginan
suatu metode pengawetan maka dengan cara menaikan suhu agar dapat menghambat bakteri dan cara ini juga efektif karena produk akan terlihat lebih segar. contohnya: es krim,yoghurt, olahan daging, dan sebagainya.



Pengawetan
pengolahan makanan yang digunakan agar makanan memiliki daya simpan yang lama tanpa merubah kualitas dan cita rasa.



Pemotongan
pengolahan makanan untuk menyeragamkan ukuran atau bentuk, supaya mempermudah kita dalam proses pengolahan makanan.


Pengemasan
suatu proses agar makanan tetap aman dan higienis sampai ketangan konsumen


Pencucian
proses pengolahan makanan agar makanan saat di proses tidak terkontaminasi bakteri. Akibatnya akan sangat fatal jika suatu produk tidak mengalami poses pencucian.




Pemilahan
ini adalah proses pengolahan makanan setelah pencucian, jadi makanan yang baik akan dipisahkan dengan yang buruk/tidak layak. Biasanya sebuah pabrik memiliki alat khusus untuk proses pemilahan.

Pemanasan
proses pengolahan makanan yang bertujuan supaya mikroorganisme bakteri mati dalam proses ini.



Pengasapan
proses pengawetan makanan dengan cara di asap kan. Proses ini bertujuan agar makanan tetap awet dan meminimalisir bakteri.



Fermentasi
proses pengolahan makanan dengan cara memasukkan mikroba atau bakteri baik kedalam suatu produk. Produk dengan proses fermentasi ini cukup digemari banyak orang karena sangat baik untuk pencernaan.

Pengasinan
proses pengawetan dengan cara diasinkan lalu dijemur di terik sinar matahari. proses ini berguna agar makanan bisa awet dalam jangka panjang.




Itu tadi adalah proses pengolahan makanan, kita jadi tau bagaimana produk makanan bisa menjadi seperti ini karena melalui proses-proses tersebut.  Sekian :)





sumber: klubpompi.pom.go.id
              sugeng230010.blogspot.com
              saatini.com
              tokomesin.com
              iietraining.net
              solusimasak.com
              kabmmu.blogspot.com
              wedding.cake.xyz
              teropongbisnis.com 

1 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller, Boiler,STP, wwtp, dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

    BalasHapus